Penyebab Umum Diare Kronis

- Irritable bowel syndrome

Sindrom iritasi usus (IBS) adalah penyebab fungsional diare atau sembelit. Peradangan tidak biasanya ada dalam usus yang terkena. Namun informasi terbaru menunjukkan bahwa ada kemungkinan menjadi komponen peradangan di IBS. Ini mungkin disebabkan oleh beberapa masalah mendasar yang berbeda, namun diyakini bahwa penyebab paling umum adalah bagian yang cepat dari isi usus melalui usus besar.

- Penyakit infeksi

Ada beberapa penyakit infeksi yang dapat menyebabkan diare kronis, misalnya, Giardia lamblia. Pasien dengan AIDS sering mengalami infeksi kronis usus mereka yang menyebabkan diare.

- Pertumbuhan bakteri yang berlebihan dari usus kecil

Karena masalah usus kecil, bakteri-bakteri usus normal dapat menyebar dari usus besar ke dalam usus kecil. Ketika mereka melakukannya, mereka berada dalam posisi untuk mencerna makanan yang usus kecil tidak punya waktu untuk mencerna dan menyerapnya. Mekanisme yang mengarah ke pengembangan diare pada pertumbuhan bakteri yang berlebihan tidak jelas.

- Pasca-infeks

Setelah infeksi virus, bakteri atau parasit akut, beberapa individu mengembangkan diare kronis. Penyebab dari jenis diare tidak jelas, tetapi beberapa orang mungkin memiliki pertumbuhan bakteri yang berlebihan dari usus kecil. Mereka juga mungkin memiliki kelainan, baik mikroskopik atau biokimia, di biopsi dari usus. Kondisi ini juga disebut sebagai pasca-infeksi IBS.

- Penyakit radang usus (IBD)

Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, penyakit yang menyebabkan peradangan dari usus kecil danatau usus besar, umumnya menyebabkan diare kronis.

- Kanker usus besar

Kanker usus besar bisa menyebabkan diare atau sembelit. Jika blok kanker berlalunya bangku, biasanya menyebabkan sembelit. Kadang-kadang, bagaimanapun, ada sekresi air di belakang sumbatan, dan tinja cair dari balik kebocoran penyumbatan di sekitar kanker dan menghasilkan diare. Kanker, terutama di bagian distal dari usus besar, dapat menyebabkan tinja tipis. Diare atau sembelit yang disebabkan oleh kanker biasanya progresif, sehingga menjadi semakin buruk. Kanker di rektum bisa menyebabkan rasa evakuasi tidak lengkap.

- Sembelit parah

Dengan menghalangi usus besar, tinja mengeras bisa mengakibatkan masalah yang sama dengan kanker usus besar, seperti yang dibahas sebelumnya.

- Karbohidrat (gula) malabsorpsi

Karbohidrat atau malabsorpsi gula adalah ketidakmampuan untuk mencerna dan menyerap gula. Malabsorpsi yang paling baik yang diakui gula terjadi dengan defisiensi laktase (juga dikenal sebagai laktosa atau intoleransi susu) dimana produk susu yang mengandung gula susu, laktosa, menyebabkan diare.

Laktosa tidak rusak dalam usus karena adanya enzim usus, laktase yang biasanya memecah laktosa menjadi gula komponen, galaktosa dan glukosa. Tanpa putus, laktosa tidak dapat diserap ke dalam tubuh. Laktosa tidak tercerna mencapai usus besar dan menarik air (dengan osmosis) ke dalam usus besar. Hal ini menyebabkan diare. Meskipun laktosa adalah bentuk paling umum dari gula malabsorpsi, gula lain dalam diet juga dapat menyebabkan diare, termasuk fruktosa dan sorbitol.

- Malabsorpsi lemak

Malabsorpsi lemak adalah ketidakmampuan untuk mencerna atau menyerap lemak. Malabsorpsi lemak dapat terjadi karena berkurangnya sekresi pankreas yang diperlukan untuk pencernaan lemak yang normal (misalnya, karena pankreatitis atau kanker pankreas) atau penyakit pada lapisan usus kecil yang mencegah penyerapan lemak dicerna (misalnya, penyakit celiac). Lemak tercerna memasuki bagian terakhir dari usus kecil dan usus besar dimana bakteri mengubahnya menjadi zat (bahan kimia) yang menyebabkan air disekresikan oleh usus halus dan usus besar. Melewati usus kecil dan usus besar juga mungkin lebih cepat bila ada malabsorpsi lemak.

- Penyakit endokrin

Beberapa penyakit endokrin (ketidakseimbangan hormon) bisa menyebabkan diare, misalnya, kelenjar tiroid lebih aktif (hipertiroidisme) dan hipofisis kurang aktif atau kelenjar adrenal (penyakit Addison).

- Penyalahgunaan Laksatif

Penyalahgunaan obat pencahar oleh individu yang ingin menurunkan berat badan adalah penyebab sesekali diare kronis.

Komplikasi diare

- Dehidrasi
Dehidrasi terjadi ketika ada kehilangan cairan dan mineral (elektrolit) dari tubuh karena diare, dengan atau tanpa muntah secara berlebihan

     Dehidrasi adalah umum di antara pasien dewasa dengan diare akut yang memiliki sejumlah besar tinja, terutama ketika asupan cairan dibatasi oleh kelesuan atau berhubungan dengan mual dan muntah.
     Hal ini juga umum terjadi pada bayi dan anak-anak muda yang mengembangkan viral gastroenteritis atau infeksi bakteri.
     Pasien dengan dehidrasi ringan mungkin hanya mengalami kehausan dan mulut kering.
     Dehidrasi sedang sampai berat dapat menyebabkan hipotensi ortostatik dengan sinkop (pingsan setelah berdiri karena volume darah berkurang, yang menyebabkan penurunan tekanan darah saat berdiri), output urine berkurang, kelemahan yang parah, syok, gagal ginjal, kebingungan, acidosis (terlalu banyak asam dalam darah), dan koma.

- Elektrolit (mineral) juga hilang dengan air saat diare berkepanjangan atau berat, dan mineral atau mungkin terjadi kekurangan elektrolit. Kekurangan yang paling umum terjadi dengan natrium dan kalium. Kelainan klorida dan bikarbonat juga dapat terjadi.

- Bisa terjadi iritasi anus karena bagian sering tinja berair yang mengandung zat-zat yang mengiritasi.

No comments:

Post a Comment